Welcome to My Blog^^ Don't Forget to Follow


Welcome to My Blog^^ Don't Forget to Follow


Kamis, 01 Mei 2014

ANALISIS dan PEMETAAN SEKOLAH SEBAGAI SEBUAH SISTEM



Ringkasan Materi

ANALISIS dan PEMETAAN SEKOLAH SEBAGAI SEBUAH SISTEM
 (Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Individu
pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan)
Dosen Mata Kuliah   :Dra. Rosmalah, S.Pd. M.Si

Oleh


Astutiani Syam                                  134 724 0007
23A


UPP PGSD WATAMPONE
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013









ANALISIS dan PEMETAAN SEKOLAH SEBAGAI SEBUAH SISTEM
Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa di bawah pengawasan guru . Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Roda sepeda adalah sebuah elemen dari satu kesatuan sepeda sebagai suatu sistem. Sadel sepeda itu juga merupakan elemen lainnya. Demikian juga dengan stir sepeda itu. Elemen-elemen yang membentuk sepeda itu saling terkait dan saling pengaruh-mempengaruhi. Tidak berfungsinya satu elemen dalam sistem tersebut, akan mempengaruhi keseluruh fungsi sistem.
Tuhan yang maha kuasa menciptakan mahluknya secara sistemik. Jagad raya yang di ciptakannya adalah suatu sistem yang maha kompleks.salah satu sistem di dalam jagad raya itu adalah tata surya (solar sistem) bumi adalah suatu sub sistem dalam sistem tata surya itu. Bumi pun juga merupakan suatu sistem. Manusia yang menempati bumi itu adalah sebuah subsistem. Manusia pun juga sebagai suatu sistem. Manusia menciptakan pendidikan untuk kelansungan hidupnya.pendidikan juga merupakan suatu sistem yang tidak kalah kompleksnya. Sebagai suatu lembaga sekolah mempunyai keterkaitan dengan sebuah sistem. Suatu sistem memiliki input, proses serta output, begitu juga dengan sekolah yang juga memilki input, proses serta output.
Sekolah sebagai sebuah sistem memiliki beberapa komponen, dimana masing-masing komponen saling berkaitan. Komponen – komponen sistem sekolah terdiri dari masukan (input), proses (process), keluaran (output). Tujuan dari sekolah akan tercapai apabila ketiga komponen ini dapat berjalan dengan baik. Masukan adalah segala sesuatu yang diperlukan oleh sistem sekolah untuk menjalankan proses sehingga menghasilkan keluaran yang diharapkan. Masukkan terdiri dari masukan utama yaitu siswa yang berpotensi untuk dididik, yang kedua masukkan instrumental yaitu guru sebagai tenaga pendidik untuk menjadikan seorang siswa sebagai manusia seutuhnya, yang terakhir yaitu masukkan lingkungan terutama lingkungan sekolah. Masukan di kategorikan menjadi dua yaitu masukan sumber daya dan masukan manajemen. Masukansumber daya meliputi sumberdaya manusia, yaitu kepala sekolah, guru termasuk guru BP, karyawan dan siswa, sedangkan sumber daya lainnya meliputi peralatan, perlengkapan, uang, bahan, dsb. Input manajemen atau kepemimpininan merupakaninput yang berpotensi dalam pembentukan sekolah yang efektif.
 Komponen kedua sekolah sebagai suatu sistem yaitu proses. Proses merupakan segala kegiatan yang dilakukan oleh sekolah, termasuk segala kegiatan yang terjadi di dalam sekolah untuk mengubah masukan agar menghasilkan keluaran yang diharapkan. Proses mencakup kegiatan belajar mengajar, kegiatan pengelolaan sekolah, serta kegiatan administrasi sekolah. Kualitas suatu proses dipengaruhi oleh masukan yang ada , dan tinggi rendahnya mutu dalam suatu proses akan mempengaruhioutput nantinya . Dalam sistem sekolah terjadi juga proses manajemen atau kepemimpinan . Pemimpin harus memberikan motivasi kepada seluruh staf untuk bekerja dengan baik agar berjalannya suatu proses sehingga menghasilkan keluaran yang diharapkan.

Sekolah sebagai suatu sitem berharap memiliki output yang bermutu. Output sekolah berfokus pada siswa, diantaranya yaitu kelulusan siswa. Output yang bermutu yaitu jika seluruh siswa dapat lulus dengan nilai yang memuaskan serta siswa mampu menyerap ilmu-ilmu yang dipelajarinya selama ini. Output sekolah dikatakan bermutu tinggi apabila siswa mampu berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Siswa adalah fokus dari Output sekolah, dengan catatan siswa harus memiliki kompetensi yang telah dipersyaratkan. Output sekolah adalah lulusan yang bermanfaat bagi kehidupan, baik secara personal, maupun sosial, individu dan juga kelompok, ditinjau dari sudut lulusan. Sedangkan pada pendididan dasar dan menengah, siswa dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi jika ingin melanjutkan, dan dapat bekerja/ mencari nafkah, baik dengan mempekerjakan diri kepada orang lain atau mempekerjakan orang lain dengan membuka lapangan kerja baru berdasarkan kemampuan yang dimiliki dan didapat dari pendidikan

Ketiga komponen sekolah sebagai suatu sistem sangat penting, akan tetapi kebanyakan sekolah-sekolah terlalu fokus pada input yaitu mengenai berapa siswa yang bersekolah di sekolah tersebat dan juga terlalu fokus pada output yaitu mengenai jumlah kelulusan. Padahal yang terpenting adalah prosesnya yaitu pelaksanaan pendidikan di Sekolah. Apabila proses pembelajaran mempunyai kualitas yang baik maka output yang dihasilkan akan sesuai harapan. Misalnya saja mengenai kelulusan, apabila prosesnya berkualitas maka siswa tidak hanya mendapat predikat lulus saja, tapi juga menjadikan dirinya sebagai lulusan yang berkualitas.

1.      Analisis dan Pemetaan Suprasistem Sekolah
a.       Batasan
Suprasistem sekolah adalah lingkungan secara langsung atau tidak langsung mempunyai pengaruh terhadap penyelenggaraan keseluruhan kegiatan sekolah sebagai organisasi formal pendidikan.
b.      Bentuk
1)      Lingkungan Distal
Sekolah mempunyai lingkungan distal berupa lingkungan masyarakat internasional dan masyarakat nasional yang tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap kehidupan sehari-hari di sekolah.
2)      Lingkungan Proksimal
Sekolah mempunyai lingkungan proksimal berupa lingkungan masyarakat sekitar atau lokal (desa/kecamatan untuk SD, kodya/kabupaten untuk SLTP, dan sebagainya), yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kehidupan sehari-hari di sekolah. Dengan demikian setiap sekolah mempunyai sistem-sistem: biososial, sosial budaya, sosial ekonomi, dan sosial politik yang bersifat lokal, yang ditandai oleh kekhususan daerah.
2.      Analisis dan Pemetaan Masukan Sekolah
a.       Informasi
1)      Informasi Produk
Keterangan dan jumlah karakteristik calon murid/siswa/mahasiswa.
2)      Informasi Operasional
a)      Keterangan tentang jumlah dan mutu masukan instrumental (misalnya: buku-buku pelajaran dan bahan-bahan bacaan, alat-alat bantu belajar-mengajar, perlengkapan-perlengkapan sekolah, kurikulum dan teknologi pendidikan, dan sebagainya).
b)      Keterangan tentang karakteristik lingkungan  hidup masyarakat sekitar (biososial, sosial budaya, sosial politik, dan sosial ekonomi).
b.      Tenaga
1)      Tenaga Manusia
a)      Tenaga Peserta Didik
Tenaga yang dikeluarkan oleh peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar mengikuti trans-formasi pendidikan di sekolah.
b)      Tenaga Kependidikan
1)      Tenaga yang dikeluarkan oleh pimpinan sekolah (Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah) dalam mengelola transformasi administratif sekolah.
2)      Tenaga yang dikeluarkan oleh petugas tata usaha sekolah (Kepala Tata Usaha dengan staf) dalam turut serta mengelola transformasi administratif sekolah.
3)      Tenaga yang dikeluarkan oleh para guru (mata pelajaran dan bimbingan) dalam transformasi edukatif di sekolah.
4)      Tenaga yang dikeluarkan oleh laboran dan pustakawan dalam membantu menunjang kelancaran pelaksanaan transformasi edukatif di sekolah.
2)      Tenaga Bukan Manusia
Tenaga yang dipergunakan (listrik, panas, bensin, gas, dan sebagainya) oleh berbagai macam peralatan pendidikan dan administrasi dalam melancarkan transformasi edukatif dan administratif.
3.      Analisis dan Pemetaan Transformasi di Sekolah
a.       Komponen-komponen Sekolah
1)      Tujuan-tujuan Pendidikan
a)      Tujuan Instruksional Sekolah
b)      Tujuan Kurikuler Pendidikan
c)      Tujuan Institusional Pendidikan
d)     Tujuan Insidental Pendidikan
2)      Organisasi Sekolah
a)      Struktur hubungan vertical intern sekolah mencakup hubungan antara unsur-unsur: kepala sekolah guru-murid/siswa.
b)      Struktur hubungan vertical ekstern mencakup hubungan fungsional sekolah dengan Kanwil Departemen Pendidikan dan Kebudayaan atau dengan jajarannya (bagi SD juga dengan dinas Pendidikan)-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Teknis.
c)      Struktur hubungan horizontal intern terdapat dalam hubungan antar guru, antar staf tata usaha, dan antar murid.
d)     Struktur hubungan horizontal ekstern antar sekolah dengan masyarakat terdapat antara sekolah dengan orang tua murid, sekolah dengan instansi Pemerintah Daerah setempat
3)      Masa Pendidikan
a)      SD selama 6 tahun
b)      SLTP selama 3 tahun
c)      SMU/SMK selama 3 tahun
d)     Perguruan tinggi:
(1)   D1 selama 1 tahun, setelah SMU/SMK
(2)   D2 selama 2 tahun, setelah SMU/SMK
(3)   D3 selama 3 tahun, setelah SMU/SMK
(4)   D4 selama 4 tahun, setelah SMU/SMK
(5)   S1 selama 4 tahun, setelah SMU/SMK
(6)   S2 selama 2 tahun, setelah S1
(7)   S3 selama 3 tahun, setelah S2
4)      Prasarana Sekolah
a)      Tanah sekolah
b)      Bangunan sekolah
c)      Alat transportasi
d)     Jalan yang menghubungkan sekolah dengan masyarakat
5)      Sarana sekolah
a)      Alat-alat bantu belajar-mengajar
(1)   Buku
(2)   Alat-alat dan bahan-bahan praktikum
(3)   Alat-alat olahraga dan kesenian
(4)   Alat-alat peraga
(5)   Alat-alat bantu belajar
(6)   Kurikulum
(7)   Teknologi pendidikan
(8)   Dan sebagainya
b)      Alat-alat administratif
(1)   Perlengkapan kantor
(2)   Alat teknis kantor
(3)   Formulir-formulir
(4)   Peraturan-peraturan perundangan tentang sekolah/instruksi
6)      Kurikulum
a)      Jenis Kurikulum
(1)   Kurikulum TK
(2)   Kurikulum SD
(3)   Kurikulum SLTP
(4)   Kurikulum SMU
(5)   Kurikulum SMK
(6)   Kurikulum SLB
(7)   Kurikulum Perguruan Tinggi
b)      Bentuk
(1)   Kurikulum Mata pelajaran atau program pengajaran yang terdiri dari tas sejumlah mata-mata pelajaran dan setiap mata pelajaran berdiri sendiri.
(2)   Kurikulum Fusi (Berkolerasi) atau program pengajaran yang terdiri atas sejumlah mata-mata pelajaran yang dikolerasikan antara satu mata pelajaran yang lainnya.
(3)   Kurikulum Studi yang luas atau program pengajaran yang terbentuk dari beberapa bidang studi
(4)   Kurikulum Inti, atau program pengajaran yang terdiri atas sub-sub program yang merupakan program inti dari setiap pelajar, dan sub-sub program pilihan.
(5)   Kurikulum Pengalaman, atau program pengajaran yang menyediakan sub-sub program yang diambil setiap pelajar
7)      Biaya Pendidikan
a)      Sumber Biaya
(1)   Biaya dari pemerintah
(2)   Biaya dari masyarakat
b)      Jenis Biaya Pendidikan
(1)   Biaya Oportunitas (opportunity costs) atau biaya pengganti penghasilan yang hilang karena mengikuti pendidikan.
(2)   Biaya langsung (direct costs) atau uang untuk membayar upah dan belanja barang
(3)   Biaya tak langsung (indirect costs) atau biaya penyusutan nilai barang karena dipergunakan. Biaya oportunitas termasuk  biaya tak langsung.
(4)   Biaya pribadi (personal costs) atau penghasilan yang hilang dari seseorang karena dipergunakan untuk membiayai pendidikan putra-putrinya.
(5)   Biaya sosial (social costs), atau jumlah penghasilan yang hilang dari sejumlah orang yang dipergunakan untuk membiayai pendidikan putra-putri mereka dan untuk kepentingan umum dalam bidang pendidikan
(6)   Biaya moneter (monetary costs) atau uang yang dibelanjakan baik dalam bentuk biaya langsung maupun tak langsuung, serta biaya pribadi sosial
(7)   Biaya non moneter (non monetary costs) atau kerugian yang harus dibayar karena peserta didik tidak dapat menggunakan kesempatan waktu luang dan karena ketidaknyamanan tempat belajar mereka
8)      Tenaga Kependidikan
a)      Kepala sekolah dan wakil-wakilnya
b)      Kepala Tata Usaha
c)      Guru (mata pelajaran dan bimbingan)
d)     Pustakawan
e)      Laboran
9)      Peserta Didik
Jumlah dan karakteristik pelajar (murid/mahasiswa/siswa)
b.      Proses-proses dalam Transformasi
1)      Transformasi Administratif (Subsistem Administratif)
a)      Transformasi Administratif di tingkat sekolah, yang dipimpin oleh Kepala Sekolah, melalui proses-proses:
(1)   Perencanaan operasi-operasi sekolah yang menghasilkan: Rencana Induk Sekolah, Rencana Tahunan Sekolah, Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah.
(2)   Pengorganisasian operasi-operasi sekolah yang menghasilkan: tatanan hubungan vertical intern dan ekstern sekolah dan hubungan horisontal intern dan ekstern sekolah.
(3)   Kepemimpinan sekolah yang dilakukan melalui: pemberian perintah dan arahan, peningkatan kerja sama, pemeliharaan dan peningkatan disiplin, pengembangan rasa aman, serta pemberian penghargaan.
(4)   Pengawasan mutu pendidikan di sekolah, yang dilakukan melalui: pemberian penyusunan program pengajaran, observasi kelas, pembahasan hasil-hasil belajar caturwulan, dan tahunan.
(5)   Pengembangan operasi sekolah melalui perbaikan-perbaikan: program pengajaran, penyediaan sarana dan prasarana sekolah, peningkatan kesejahteraan guru.
b)      Kelas
(1)   Perencanan program melalui mengajar yang menghasilkan: program tahunan, program catur wulanan, dan persiapan mengajar
(2)   Pengorganisasian kelas, yang dilakukan melalui penataan ruang kelas dan pembetulan kelompok belajar di kelas
(3)   Kepemimpinan guru, yang dilakukan melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas kegiatan belajar-mengajar
(4)   Pengawasan mutu pendidikan, yang dilakukan melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas kegiatan belajar-mengajar.
(5)   Pengembangan kegiatan belajar-mengajar, yang dilakukan melalui perbaikan-perbaikan program pengajaran dan teknologi pendidikan
2)      Transformasi edukatif (subsistem edukatif), yang dilakukan oleh guru mata pelajaran, melalui kegiatan-kegiatan:
a)      Pengajaran, melalui kegiatan-kegiatan belajar-mengajar dalam bentuk:
(1)   Pengajaran klasikal
(2)   Pengajaran individual
b)      Bimbingan penyuluhan
(1)   Latihan mengerjakan tugas
(2)   Latihan olahraga
(3)   Latihan seni
(4)   Latihan kerajinan tangan
(5)   Latihan studi lapangan
(6)   Praktikum IPA
c)      Para Pelanggan
1)      Para pelanggan Intern Sekolah
a)      Pelanggan edukatif
(1)   Pelajar
(2)   Guru kelas/guru mata pelajaran/guru pembimbing
b)      Pelanggan Administratif
(1)   Pelajar
(2)   Guru kelas/guru mata pelajaran
(3)   Tenaga Administratif
2)      Para Pelanggan Ekstern Sekolah
a)      Para pelanggan langsung
(1)   Orang tua murid/siswa
(2)   Guru-guru di sekolah lain
(3)   Sekolah-sekolah lain
(4)   BP3
b)      Para pelanggan tak langsung
(1)   Khalayak ramai/ masyarakat luas
(2)   Lembaga-lembaga akreditasi
(3)   Para alumni
(4)   Para donator (GN-OTA, UNICEF, dan sebagainya)
(5)   DPR
4.      Analisis dan Pemetaan Hasil Sekolah
1)      Batasan
Hasil sekolah adalah tamatan, atau pelajar-pelajar yang telah berhasil menyelesaikan program-program sekolah, dengan tingkat kemampuan-kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor tertentu.
2)      Fungsi dan Peranan
a)      Ditinjau dari sudut kemampuan, dapat melanjutkan pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi, baik melalui jalur sekolah maupun luar sekolah
b)      Dapat memasuki kehidupan sebagai:
(1)   Pribadi
(2)   Anggota Masyarakat
(3)   Hamba Allah














DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar